11 Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami

11 Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami
11 Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami >> Zonapedia.com - Sariwan (stomatitis aftosa) adalah suatu kelainan yang terjadi pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Sariawan bisa sangat menyakitkan dan dapat mengganggu aktivitas para penderitanya terutama pada saat mengunyah dan menelan makanan.

Sahabat Zonapedia.com penyebab yang mengakibatkan timbulnya sariawan pada mulut atau bibir adalah sebagai berikut:

1. Kebersihan mulut kurang terjaga.
2. Kekurangan Vitamin.
3. Terlalu Banyak mengonsumsi makanan pedas atau panas.
4. Penggunaan suatu produk pembersih mulut yang tidak cocok.
5. Daya tahan tubuh rendah.
6. Faktor cuaca atau suhu lingkungan.
7. Adanya infeksi atau alergi pada mulut.
8. Kurangnya menjaga kebersihan mulut dan gigi, terutama setelah selesai makan.
9. Adanya benturan tertentu yang menyebabkan munculnya luka dalam mulut.
10. Penggunaan pasta gigi dan obat kumur yang tidak cocok dengan mulut.

Supaya sahabat dapat mengetahui penyebab sariawan, sahabat dapat mengingat-ingat kembali apa yang sebelumnya telah dilakukan. Setelah tahu penyebabnya, usahakan jangan mengulanginya lagi untuk yang kedua kalinya.

Berikut Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami 

1. Air kelapa.
Air kelapa memiliki sifat elektrolit yang mampu mendinginkan tubuh, mengatasi panas dalam, dan mampu menyembuhkan sariawan mulut. Bahkan dengan konsumsi secara rutin, air kepala juga terbukti mampu mencegah adanya dehidrasi (kekurangan cairan tubuh).

Caranya sahabat bisa kamu mengkonsumsi minimal 1x sehari dengan takaran sebanyak 1 gelas. Namun apabila ingin hasilnya lebih optimal, konsumsilah sehari minimal 3x (pagi-siang-malam).

Baca Juga 10 Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan

2. Daun Jambu Biji.
Daun jambu biji ternyata juga punya banyak manfaat, selain dapat mengobati sakit perut, juga dapat mengobati sariawan.

Caranya kunyahlah beberapa daun jambu biji lalu berkumurlah.

3. Kunyit. 
11 Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami
Obat sariawan tradisional selanjutnya adalah kunyit. Selain banyak dimanfaatkan sebagai bahan bumbu atau penyedap masakan, ternyata kunyit dapat dimanfaatkan untuk membantu menghilangkan sariawan. Langkah mengobati sariawan dengan kunyi cukup sederhana, anda bisa membuat pasta yang terbuat dari kunyit.

Caranya haluskan beberapa ruas kunyit yang telah dibersihkan secukupnya. Lalu sahabat bisa mencampurkan halusan kunyit dengan teh gliserin. Gunakan camouran tersebut dengan mengoleskannya pada bagian mulut yang terkena sariawan.

4. Pisang dan Madu.
Sahabat juga bisa menggunakan campuran pisang dan madu sebagai bahan alami untu mengatasi sariawan pada mulut.

Cara menggunakannya cukup mudah, sahabat bisa menghaluskan atau blender pisang secukupnya. Lalu tambahkan madu secukupnya. Kemudian gunakan dengan mengoleskan pada bagia mulut yang terkena sariawan.

5. Konsumsi Buah-buahan.

11 Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami

Dengan memakan tomat, jeruk dan buah-buahan lainnya, manfaatnya yaitu untuk memenuhi kebutuhan vitamin C sahabat.

6. Belimbing Wuluh.
Belimbing wuluh mengandung senyawa zat asam yang tinggi akan vitamin C. Rasanya yang lumayan masam tersebut terbukti cukup efektif membunuh bakteri.

Cara menyembuhkan sariawan dengan belimbing wuluh cukup dengan menempelkan atau mengunyah buah tersebut selama 5 menitan. Kemudian bilas dengan berkumur air hangat sampai bersih.

7. Air Garam.
Air garam mempercepat proses penyembuhan dengan menggambar kelebihan cairan dan racun dari kulit.

Caranya silahkan sahabat aduk 2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. silahkan kumur-kumur, lalu oleskan sedikit garam langsung ke sakit. Ulangi proses ini 3 kali sehari untuk menyembuhkan sariawan.

11 Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami

8. Dengan Es Batu.
Es mematikan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan.

Cara Menghilangkan bekas Sariawan Dengan Es Batu, silahkan sahabat terapkan es batu langsung ke mulut yang terkena sariawan selama 30 detik, kemudian lepaskan. Ulangi sebanyak yang diperlukan. Sahabat dapat bilas mulut dengan air dingin untuk menghilangkan rasa sakit.   

Baca Juga Wow! Dengan Diet Kenyang Berat Badan Dewi Hughes Turun Hingga 75 Kg, Cek ini Rahasianya 

9. Yoghurt.
Yoghurt merupakan produk fermentasi yang berasal dari susu. Minuman ini diperkaya dengan kandungan bakteri baik yang cukup tinggi. Selain bermanfaat bagi pencernaan, kandungan bakteri baiknya tersebut juga bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Caranya sahabat dapat konsumsi secara rutin minimal 2 kali sehari. Tidak hanya cocok untuk dewasa saja, tetapi yoghurt juga cocok sebagai obat sariawan anak-anak. Untuk anak cukup beri dia 1 kali konsumsi yoghurt dalam sehari saja.

10. Pasta Berbahan Garam dan Baking Soda.
Sahabat juga bisa membuat obat buatan anda sendiri, caranya dengan membuat pasta berbahan garam dan baking soda. Tak hanya untuk sariawan, sebenarnya pasta buatan ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo putih.

Caranya cukup mudah, sahabat hanya perlu mencampurkan garam dengan backing soda dan tambahkan sedikit air. Setelah itu oleskan pada luka sariawan dan tunggu kurang lebih selama 10 menit, setelah itu basuh dengan air.

11. Daun Basil.

11 Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami

Daun basil merupakan daun yang sering digunakan untuk bumbu dalam masakan. Selain itu, daun basil ternyata juga bisa anda manfaatkan sebagai obat sariawan alami untuk membantu mengobati sariawan pada mulut sahabat.

Caranya sahabat bisa merebus daun basil hingga mendidih. Lalu ambil airnya dan gunakan untuk berkumur-kumur.

Demikian 11 Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami mudah-mudahan dapat bermanfaat dan menjadi solusi bagi sahabat ketika mengalami sariawan. Terimakasih

0 Response to "11 Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami "

Post a Comment