13 Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh

13 Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh >> Zonapedia.com - Pada dasarnya olahraga renang memiliki manfaat yang cukup besar bagi kebugaran tubuh. Renang merupakan salah satu olahraga air yang mengasikan, namun setidaknya sahabat harus tahu bagaimana teknik yang baik dalam berenang. Ada berbagai macam gaya renang diataranya yang paling umum adalah gaya bebas, gaya punggung, dan gaya dada. Dalam berenang otomatis otot-otot kita bereaksi terutama otot tangan dan kaki, selain itu pernapasan kitapun ikut terlatih.

Berenang memang menjadi aktivitas menyenangkan dan sekarang ini menjadi sarana rekreasi untuk keluarga. Berenang sebagai sarana rekreasi ini memang diadakan di tempat-tempat yang cukup luas yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas permainan. Hal tersebut merupakan cara yang tepat untuk memperkenalkan olahraga renang pada anak-anak lewat permainan.

13 Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh

Saat berenang, biasanya tidak memakai alat bantu apapun (kecuali kaca mata dan alat pelindung lain), tapi kalau belum bisa berenag maka bia dibantu dengan alat, seperti pelampung dan semacamnya. Sebagai aturan umum untuk setiap 10 menit berenang: berenang gaya dada akan membakar 60 kalori; gaya punggung membakar 80 kalori; gaya bebas membakar 100 kalori; gaya kupu-kupu membakar 150 kalori.

Jenis-Jenis Gaya Renang

Renang Gaya Bebas
Renang gaya bebas ini adalah posisi badan menghadap ke bawah kemudian kedua tangan mengayuh air secara bergantian.

Renang Gaya Katak atau Gaya Dada
Renang gaya dada ini sering juga diperlombakan, gaya renang ini posisi tubuh menghadap ke air posisi kepala muncul ke permukaan air dan tenggelam. Sedangkan kedua kaki menendang ke bekang seperti katak berenang dan kedua tangan lurus ke depan lalu membelah air dan mengayunnya ke belakang.

Renang Gaya Punggung
Salah satu gaya renang yang cukup populer bagi kalangan atlit renang adalah gaya renang punggung dimana ketika berenang tubuh terlentang menghadap ke atas, posisis kepada diatas permukaan air. Kemudian kedua tangan mengayun air secara bergantian.

Renang Gaya Kupu-Kupu
Gaya renang kupu-kupu atau gaya lumba-lumba adalah renang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air  dan kedua tangan mengayun air dengan menekannya ke bawah dan mendorong kebelakan

Berikut Adalah Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh Kita:

1. Dapat Melatih Pernafasan
Salah satu olahraga yang dapat melatih pernafasan dan memperkuat nafas adalah berenang. Olahraga air seperti berenang membutuhkan pernafasan yang kuat agar mampu menyelam dalam waktu yang lama. Sistem kerja pernafasan secara sendirinya akan terlatih menjadi lebih panjang saat berenang.

Gerakan pada berenang ini juga meliputi seluruh otot anggota gerak tubuh jadi berenang secara teratur dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru menjadi lebih lancar yang penting untuk memberikan pernafasan lebih panjang.

2. Dapat Menambah Tinggi Badan
Salah satu tips untuk meninggikan badan adalah dengan melakukan olahraga renang. Bahkan olahraga renang ini juga menjadi urutan paling atas dalam sebuah penelitian mengenai upaya menambah tinggi badan.

3. Dapat Meningkatkan Kelenturan Tubuh
Tidak seperti mesin latihan di pusat kebugaran yang cenderung mengisolasi satu bagian tubuh, renang menempatkan tubuh melalui berbagai gerakan yang membantu sendi dan ligamen tetap longgar dan fleksibel. Lengan bergerak, pinggul terlibat sebagai penompang kaki dalam air, dan kepala dan tulang belakang bergerak dari sisi ke sisi. Hal ini membantu memberikan peregangan yang baik dari kepala sampai kaki.

4. Dapat Meredakan Stress
Banyak melakukan gerakan di dalam air (berenang) bermanfaat untuk meningkatkan hormon endorfin di dalam otak, yang kegunaannya untuk membuat suasana hati yang lebih tenang dan nyaman. Selain itu, bersentuhan dengan air membuat tubuh terasa sejuk, yang juga berdampak positif bagi suasana hati dan pikiran.

Penelitian telah menunjukkan bahwa berenang memang benar-benar dapat mengubah otak menjadi lebih baik melalui proses yang dikenal sebagai “neurogenesis hippocampal”, yaitu membalikkan kerusakan otak, di mana itu menggantikan sel-sel hilang akibat stres.

5. Dapat Memperbaiki Gejala / Serangan Asma
Bila sahabat penderita asma dan khawatir jika anda berolahraga diluar (outdoor)  dengan udara yg panas/kering  serta penuh dengan bahan allergen di sekilling sahabat, maka masuklah ke dalam air di kolam renang untuk menghindari serangan asma setelah berolahraga.

Dalam air dengan kelembaban cukup, maka  renang membantu sahabat menghindari serangan asma. Bahkan bagi mereka yang tidak menderita asma bisa mendapatkan keuntungan dari berenang, yaitu dapat meningkatkan volume paru-paru dan mengajarkan teknik pernapasan yang tepat.

6. Dapat Menjadi Alternatif Terapi Ketika Cidera
Cukup sering atlet yang mengalami cidera, lalu salah satu cara mengatasinya agar cepat pulih, yaitu menjalankan terapi berenang. Anjuran terhadap atlit seperti ini tentunya berdasarkan dari ahli terapi mereka, sehingga dilakukan pengawasan oleh ahli. Rehabilitasi (untuk memulihkan cedera yang dialami) sudah banyak dilakukan berbagai atlet, sebut saja pemain sepak bola, basket, hingga badminton.

7. Dapat Menjadi Alternatif Rekreasi & Meningkatkan Mood
Berenang merupakan salah satu rekreasi yang sangat menyenangkan, ia juga bukan sekedar digunakan untuk olahraga. Namun beberapa orang memanfaatkannya untuk rekreasi dan menghilangkan stress. Tak heran jika sebagian besar tempat rekreasi keluarga terdapat kolom renang yang dapat anda manfaatkan.

8. Mengatasi Radang Sendi
Postur tubuh seseorang memang bisa diperbaiki dengan melakukan olahraga renang. Postur daerah punggung dan juga berbagai masalah mengenai tulang belakang juga dapat diredakan dengan berenang. Gerakan motorik tangan maupun kaki yang konstan selama kita berenang dapat menjadikan otot semakin kuat dan kencang sehingga sendi pun menjadi lebih sehat.

9. Dapat Menurunkan Kolesterol
Berenang bisa meningkatkan keseimbangan yang tepat seperti latihan aerobik, yang telah terbukti untuk meningkatkan kadar HDL (Kadar kolesterol baik). Terlebih lagi, penelitian telah menunjukkan bahwa latihan aerobik seperti berenang juga dapat menjaga endothelium dalam kondisi baik. Apa endotelium? Ini adalah lapisan tipis sel-sel yang melapisi arteri sahabat.

Dalam salah satu penelitian terhadap orang-orang dalam enam puluhan yang berpartisipasi dalam latihan aerobik, bagaimanapun, fungsi endothelium ditemukan untuk menjadikan mereka 30 sampai 40 tahun lebih muda. Teorinya adalah bahwa karena latihan aerobik membuat mereka fit.

Baca Juga
7 Olahraga Ringan Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah. Silahkan Mencoba Sob!
8 Cara Olahraga Ringan di Kantor Kerja
10 Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan

10. Dapat Mencegah Obesitas
Berenang bermanfaat untuk mengurangi berat badan, sehingga mencegah obesitas atau kegemukan. Berenang membuat kalori dalam tubuh terbakar dengan baik, hal karena olahraga renang melibatkan lebih banyak bagian anggota tubuh. Banyak orang yang berenang agar tubuhnya tetap fit dan juga ramping.

13 Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh

11. Dapat Mengontrol Berat Badan
Untuk beberapa waktu lalu, banyak orang berpikir bahwa karena air umumnya lebih dingin dari suhu tubuh kita, akan sulit untuk menurunkan berat badan dengan latihan air. Seperti banyak ide-ide lama tentang olahraga, hal ini  telah direvisi: Berenang  sekarang diakui sebagai salah satu pembakar kalori terbesar di sekitar, dan itu bagus untuk menjaga berat badan anda.

Berapa banyak persisnya  jumlah kalori yang Anda bakar, tentu saja, tergantung pada fisiologi tubuh sahabat sendiri dan intensitas sahabat dalam berolahraga. Tetapi sebagai aturan umum, untuk setiap 10 menit renang gaya dada  akan membakar 60 kalori,  gaya punggung 80 kalori, gaya bebas sampai 100 kalori , dan gaya kupu-kupu yg paling mengesankan , yakni sampai mencapai 150 kalori.

12. Dapat Memperpanjang Umur
Renang dapat menjaga sahabat dari kematian. Tentu saja hal ini jangan diartikan secara harfiah hehe.. bahwasanya renang tidak menjanjikan keabadian, tetapi tampaknya renang setidaknya bisa membantu sahabat menghindari mati muda.

Para peneliti di University of South Carolina yang  diikuti 40.547 orang, berusia 20 sampai 90 tahun  menemukan bahwa mereka yang berenang memiliki tingkat kematian 50 % lebih rendah dibandingkan pelari, pejalan kaki atau orang yang tidak pernah berolahraga. Mereka menyimpulkan bahwa manfaat yang sama akan diterima oleh perempuan maupun laki-laki .

13. Dapat Membentuk Tubuh Ideal
Sahabat kesulitan fitness dan tidak berhasil mendapatkan tubuh yang ideal, ada baiknya mempertimbangkan untuk rutin berenang. Berenang sangat efektif dalam membentuk tubuh yang ideal terutama Bisep.

Berenang juga memungkinkan semua anggota tubuh bergerak dengan sempurna, dengan berenang maka bisep akan terbentuk lebih sempurna. Tentu otot di bagian tangan dan kaki juga akan terbentuk secara alami.

Berikut Tips Berenang

Jika anda ingin berenang pastikan sahabat melakukan beberapa tips di bawah ini :

Lakukan pemanasan 10-15 menit
Jika di kolam umum, bilas anggota tubuh setelah selesai berenang
Selain bilas, sebaiknya mandi dengan sabun dan air bersih pada saat selesai berenang.

Itulah 13 manfaat berenang bagi kesehatan tubuh jika dilakukan dengan benar dan teratur. Berenang menjadi aktifitas yang menyenangkan sekaligus menyehatkan yang bisa kita lakukan sebagai alternatif pilihan di akhir pekan. Terimakasih

0 Response to "13 Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment