15 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

15 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

15 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan >> Zonapedia.com - Bersepeda secara teratur dapat membantu sahabat menurunkan berat badan, mengurangi tingkat stress, dan meningkatkan kebugaran, bersepeda sangat disukai banyak orang, antara lain anak-anak, lanjut usia, atau para penyandang cacat semua dapat menikmati bersepeda jika mereka memiliki peralatan yang tepat.

Bersepeda adalah olahraga yang menyehatkan dan dapat bersepeda di mana saja. Dengan bersepeda, maka banyak manfaat yang akan diperoleh. Sehingga bagi sahabat yang hobi bersepeda, ketahuilah manfaat dalam bersepeda di bawah ini.

Berikut 15 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

1. Dapat Menyehatkan Organ Jantung
Mengayuh sepeda perlu tenaga. Detak jantung akan berirama ketika mengayuhnya. Jarak dekat dan jauh, maka irama detak jantung akan berbeda. Ketika Anda bersepeda jarak jauh, maka akan membuat jantung lebih sehat.

2. Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Beberapa studi telah menunjukkan bahwa aktivitas seperti bersepeda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh menjadi lebih kebal untuk menangkal berbagai serangan penyakit seperti batuk dan pilek. Alangkah baiknya untuk menggunakan sepeda sebagai transportasi utama untuk pergi ke tempat kerja, sekolah, dan sebagainya daripada menggunakan kendaraan pribadi/angkutan umum.

3. Dapat Mengurangi Risiko Kanker
Jika sahabat mempertahankan pola makan yang sehat dan bersepeda secara teratur, maka hal tersebut akan membantu dalam mengurangi risiko kanker. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar, bahkan di usia tua, berisiko lebih rendah untuk terkena kanker paru dan kanker kolorektal. Studi lain juga menunjukkan bahwa bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko kanker usus dan payudara.

4. Dapat Mengurangi Tingkat Stress
Jika sahabat terserang stress ringan, cobalah untuk bersepeda. Dijamin stress akan berkurang. Sebab ketika bersepeda, maka akan menyaksikan banyak pemandangan yang berbeda. Sehingga dapat melupakan dengan segera penat yang melanda.

5. Dapat Meningkatkan Mood
Rasa cemas, stres, dan depresi dapat diatasi dengan berolahraga ringan seperti bersepeda. Hal ini karena bersepeda dapat dijadikan sebagai sarana mencari kesenangan. Bersepeda juga baik untuk kesehatan mental seperti halnya olaharaga yang lain seperti jogging.

6. Dapat Mengurangi Risiko Diabetes
15 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan
Kurangnya aktivitas fisik merupakan salah satu penyebab diabetes. Bersepeda adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko diabetes. Sebuah studi di Finlandia menunjukkan bahwa bahwa orang yang bersepeda lebih dari 30 menit per hari memiliki risiko lebih rendah untuk terkena diabetes.


7. Dapat Meningkatkan Stamina
Bersepeda dinilai menjadi cara yang sangat  baik untuk meningkatkan stamina, hal ini karena akivitas mengayuh sepeda umumnya lebih lama daripada melakukan aerobik atau berjalan kaki. Bersepeda dapat memperkuat organ jantung dan paru-paru, sehingga tubuh menjadi terlatih, untuk nantinya mampu melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik dan lancar.

8. Dapat Membuat Awet Muda
Bersepeda secara teratur dapat melindungi kulit dengan cara peningkatan aliran darah yang lebih banyak oksigen ke jaringan kulit dan otot. Hal ini dapat membantu dalam mengeluarkan racun berbahaya dan membuat sahabat terlihat lebih muda.

9. Dapat Terhindar Berbagai Penyakit
Bersepeda sekitar 3 hingga 4 kali seminggu dapat memperkuat kesehatan tubuh dan memperkuat sel-sel kekebalan tubuh untuk melawan berbagai penyakit. Kebanyakan orang yang berangkat bekerja dengan bersepeda jarang mengambil cuti sakit.

10. Dapat Menghemat Dari Segi Finansial
Tentu Anda kerap mendengar Bike To Work. Dengan sahabat mau dan mengikuti anjuran tersebut, maka dapat lebih menghemat pengeluaran. Secara finansial, itu akan sangat dirasakan. Jika selama dua hari harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli bensin, maka uang bensin tersebut dapat sahabat tabung.

11. Dapat Mengecilkan Paha
15 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan
Memiliki timbunan lemak di paha tentunya cukup mengganggu, terutama untuk kaum wanita yang dapat mengurangi kepercayaan diri. Dengan olahraga bersepeda, maka kaki menjadi bagian tubuh yang paling banyak bergerak, yang hasilnya adalah banyak lemak akan dibakar, yang akhirnya membuat ukuran paha menjadi proporsional. Selain itu, mengayuh pedal sepeda membuat otot-otot mulai dari paha sampai pergelangan kaki menjadi terangsang agar menjadi lebih kencang dan kuat.

12. Dapat Membuat Awet Muda
Bersepeda secara teratur dapat melindungi kulit dengan cara peningkatan aliran darah yang lebih banyak oksigen ke jaringan kulit dan otot. Hal ini dapat membantu dalam mengeluarkan racun berbahaya dan membuat Anda terlihat lebih muda.


13. Dapat Mengatasi Masalah Kemacetan
Jika sahabat tinggal di ibukota, tentunya sudha mengetahui kondisi kemacetan yang setiap hari terjadi. Dengan bersepeda, maka bisa menempuh jalan-jalan kecil ataupun menyalip dengan mudah, sehingga sahabat dapat terhindar dari penatnya kemacetan.

14. Sepeda Kendaraan Yang Ramah Lingkungan
Jika bersepeda, sahabat tidak perlu mengisi bahan bakar seperti bensin. Ketika dikayuh pun tidak akan ada asap kendaraan yang keluar. Sehingga lingkungan pun akan menajdi lebih bersih. Memilih bersepeda membuat lingkungan menuai manfaat. Karena sepeda adalah kendaraan ramah lingkungan.

15. Dapat Menambah Banyak Teman
Dengan memiliki hobi bersepeda, maka tentunya akan menjadi tertarik untuk mengikuti event-event seperti sepeda santai. Sahabat dapat bertemu dengan banyak orang baru yang memiliki hobi sama. Mungkin saja sahabat akan diajak untuk ikut bergabung ke klub sepeda. Bersepeda pun juga dapat menambah teman, terlebih lagi jika memiliki hobi bersepeda.

Demikian manfaat bersepeda dan sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia, untuk itu rutin lah bersepeda untuk mendapatkan kesehatan yang optimal.

0 Response to "15 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan"

Post a Comment