9 Cara Mengobati Luka Lecet Akibat Kecelakaan

9 Cara Mengobati Luka Lecet Akibat Kecelakaan
9 Cara Mengobati Luka Lecet Akibat Kecelakaan >> Zonapedia.com -  Kulit adalah salah satu bagian tubuh yang beradadi luar, hal ini menyebabkan menjadi sangat mudah jika mengalami luka kecelakaan atau goresan. Sahabat Zonapedia, jika luka yang dikarenakan kecelakaan jatuh dari kendaraan dan mengakibatkan luka bakar, maka biasanya agak lama untuk mengobatinya untuk sembuh dan hal ini berakibat dapat meninggalkan bekas yang cukup lama apabila tidak segera untuk ditangani dengan baik, jadi dari itu semua, akan menyebabkan semakin memburuk.

Berikut ini akan saya ulas beberapa cara mengobati agar luka akibat kecelakaan bisa cepat kering dan mengelupas.

1. Dengan Pasta Gigi.
Untuk luka lecet, sahabt bisa mencoba untuk menggunakan pasta gigi guna dapat membuat luka tersebut cepat kering dan sembuh. Menthol, hidrogen peroksida, baking soda dan alkohol adalah kandungan yang ada di dalam sebuah pasta gigi dan kandungan-kandungan itulah yang akan memberikan kesembuhan lebih cepat.

Caranya: Dengan jari telunjuk sahabat yang bersih, silahkan ambil sedikit pasta gigi dan langsung oles ke bagian yang terkena luka lecet dan tinggalkan di sana sekitar 2 jam. Setelah lewat 2 jam, sahabat bisa membersihkan dengan kain basah dan oleskan petroleum jelly sesudah itu; lakukan sehari 1-2 kali sampai luka lecet hilang.

2. Dengan Meningkatkan Asupan Vitamin C.
Vitamin C sangat membantu untuk semua jenis luka kulit. Antioksidan yang kuat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi akibat lecet. Hal ini juga meningkatkan proses penyembuhan dengan cepat.

Caranya Makan makanan yang kaya vitamin C, seperti jeruk, tomat, stroberi, brokoli dan paprika merah. Anda juga dapat menggunakan suplemen vitamin C, setelah berkonsultasi dengan dokter sahabat.

3. Dengan Minyak Kelapa.
Minyak kelapa juga dapat membantu mengatasi lecet karena sifat anti-inflamasi, pelembab dan sifat penyembuhnya. Bila dioleskan pada daerah yang lecet, minyak ini berbentuk tipis, lapisan pelindung yang melindungi kerusakan kulit dari debu, bakteri dan virus. Bahkan mempercepat proses penyembuhan dengan membantu memperbaiki kerusakan jaringan kulit.

Caranya: Oleskan dengan tebal minyak kelapa ekstra alami pada kulit terkelupas. Biarkan itu diserap ke dalam kulit. Anda tidak perlu membilasnya. Oleskan kembali minyak sebanyak 2 atau 3 kali sehari sampai kulit tampak benar-benar sehat.

9 Cara Mengobati Luka Lecet Akibat Kecelakaan

4. Dengan Bubuk Kopi.
Selain gula, bubuk kopi juga dapat sahabat gunakan sebagai cara mengobati agar luka cepat kering dan mengelupas. Cara menggunakan bubuk kopi untuk obat luka juga sama dengan cara menggunakan gula.

Caranya yakni taburkan bubuk kopi ke area luka di kulit sahabat. Agar luka cepat kering lakukan cara tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari.

5. Dengan Tebu atau Gula.
Salah satu cara mengobati agar luka cepat kering dan mengelupas adalah dengan menggunakan tebu/ gula. Cara ini merupakan cara alternatif yang terpercaya untuk mengobati luka.

Caranya juga cukup mudah yakni sahabat hanya menaburkan gula atau air tebu kebagian kulit anda yang memiliki luka. Gula dan air tebu akan membuat luka menjadi kering dengan mematikan kuman yang ada di dalam luka tersebut.

6. Dengan Vitamin E.
Kandungan antioksidan dalam vitamin penting ini dapat mempercepat penyembuhan kulit yang rusak serta membantu mencegah infeksi. Bahkan mencegah jaringan parut dalam kasus lecet yang lebih dalam.

Caranya Oleskan minyak vitamin E pada daerah yang lecet. Pijat lembut selama 5 menit untuk membantu minyak merasuk ke dalam kulit. Sahabat tidak perlu membilasnya. Ulangi dua kali sehari sampai lecet sembuh.

7. Dengan Buah Pisang.
Buah pisang juga ternyata dapat dijadikan cara yang sangat manjur untuk mengobati kulit yang lecet. Dengan sifat penyembuh, antibakteri serta anti-inflamasi, pisang dapat sahabat gunakan untuk mengurangi rasa sakit serta gatal-gatal yang timbul akibat lecet. Selain itu pisang juga dapat membantu menghindari luka dari infeksi akibat bakteri dan virus.

Caranya sahabat bisa menggerus beberapa buah pisang hingga menjadi pasta. Setelah itu oleskan ramuan tersebut ke area yang terluka. Diamkan hingga kering, lalu bilas menggunakan air hangat. Lakukan cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali sehari selama beberapa hari.

9 Cara Mengobati Luka Lecet Akibat Kecelakaan

8. Dengan Teh Hijau.
Obat herbal lainnya yang bisa sahabat coba adalah dengan menggunakan teh hijau di mana kandungan anti-inflamasinya termasuk tinggi sehingga mampu menyembuhkan luka secara perlahan. Kandungan vitaminnya begitu tinggi begitu juga dengan antioksidan di dalamnya sehingga luka akan lebih cepat sembuh.

Caranya: Seduh 1 kantong teh hijau selama 5 menit lamanya di dalam secangkir air panas. Kantong teh hijau dapat sahabat angkat setelahnya dan tunggu hingga dingin. Kantong teh hijau inilah yang Anda pergunakan untuk dikompreskan ke bagian luka lecet beberapa menit; lakukan sehari 5 kali untuk hasil maksimal. Jangan lupa minum tehnya juga untuk penyembuhan dari dalam.

9. Jangan Menutupi Luka.
Selain obat dari luar dan dalam, merawat luka dengan benar juga termasuk ke dalam cara mengobati agar luka cepat kering dan mengelupas. Jangan pernah untuk menutupi luka pada tubuh anda, karena dengan ditutupi akan membuat luka menjadi lembab dan susah untuk kering. Selain itu juga kuman akan lebih mudah berkembang biak ditempat yang lembab. Oleh karena itu sangat dilarang untuk menutup luka pada bagian tubuh anda.

Demikian informasi tentang 9 Cara Mengobati Luka Lecet Akibat Kecelakaan semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih

Silahkan Baca Juga 19 Makanan Yang Mengandung Vitamin A

0 Response to "9 Cara Mengobati Luka Lecet Akibat Kecelakaan"

Post a Comment