Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan dan Ibu Hamil >> Zonapedia - Kacang hijau dengan harga yang relatif lebih murah, serta dapat diolah menjadi berbagai makanan dan minuman lezat, bisa menjadi salah satu pilihan untuk mempercantik dan meningkatkan kesehatan tubuhmu terlebih ibu hamil.

Kacang hijau memang menawarkan gizi yang baik, sehingga memiliki manfaat untuk kesehatan. Tentunya masih banyak yang tidak tahu mengenai manfaat kacang hijau, dimana diantara beberapa kacang-kacangan yang lainnya, ternyata kacang hijau meraih predikat sebagai salah satu kacang-kacangan yang mempunyai kandungan zat yang sangat bagus untuk kesehatan.

Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Bernama latin Vigna radiata, kacang hijau termasuk tumbuhan jenis polong-polongan yang mengandung protein nabati tinggi. Berbagai olahan kacang hijau, terutama bubur, sudah sangat terkenal di Indonesia. Selain diolah menjadi sajian bubur, kacang hijau juga bisa dimanfaatkan kecambahnya bahkan, bisa juga dijadikan sebagai tepung. Tumbuhan satu ini bahkan menjadi salah satu tanaman pangan yang penting selain kedelai dan kacang tanah. Rasanya yang enak dan pemanfaatannya yang luas, kacang hijau juga mengandung banyak kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh.

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil tidak perlu diragukan lagi sebab kacang hijau mengandung folat, thiamin, dan zat besi. Ketiga vitamin dan mineral ini adalah zat yang sangat dibutuhkan wanita selama masa kehamilan.

Mengonsumsi makanan sehat tiap hari memang sudah menjadi keharusan. Ketika hamil, kebiasaan mengonsumsi makanan sehat pun harus lebih ditingkatkan. Usahakan makanan yang dikonsumsi lebih bervariasi. Sebab, pada masa kehamilan, nutrisi-nutrisi yang didapat dari makanan inilah yang berperan dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan janin.

Kacang hijau yang sudah direbus bisa dijadikan variasi makanan untuk ibu hamil. Konsumsilah sebagai makanan selingan menjelang siang hari atau jadikan camilan di sore hari sambil menunggu jam makan malam tiba. Pentingnya kacang hijau ini tidak lepas dari kandungan pada makanan tersebut.

Berikut ini manfaat kacang hijau dalam kehamilan :

1. Sebagai Asupan Gizi dan Nutrisi
Penting bagi ibu yang sedang hamil untuk mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil atau minuman yang bergizi demi memenuhi nutrisi harian. Zat gizi tersebut selain untuk menjaga dan memenuhi kebutuhan ibu, juga penting untuk perkembangan dan pertumbuhan janin. Kandungan nutrisi yang ada dalam kacang hijau terbilang cukup lengkap sehingga dianjurkan untuk ibu mengkonsumsinya selama kehamilan.

2. Protein dan Karbohidrat
Pada kacang-kacangan seperti kacang hijau, sumber protein sangat tinggi yang sangat dibutuhkan untuk menghindari resiko bayi lahir cacat. Karbohidrat komplek pada kacang hijau memberikan kekuatan pada ibu hamil agar tidak mudah lelah.

3. Mencegah Anemia
Anemia dalam kehamilan sangat berbahaya karena berisiko menyebabkan keguguran atau perdarahan saat persalinan nanti. Anemia memang banyak jenisnya namun salah satu penyebab terjadinya anemia selama kehamilan adalah kekurangan kekurangan asam folat dan kekurang vitamin B12. Selain itu, demi mencegah terjadinya anemia tubuh juga membutuhkan zat besi yang membantu dalam proses pembentukan hemoglobin darah.

4. Membantu Mencerdaskan Janin
Asupan asam folat dalam kacang hijau membantu meningkatkan perkembangan otak janin dan syaraf janin. Membantu membuat janin lebih cerdas sejak dalam kandungan. Asam folat juga membantu mencegah dari cacat tabung syaraf (Neural Tube Defect).

5. Vitamin B1 dan B2
Manfaat kacang hijau juga bisa menjadi sumber vitamin B2 dan B1 yang dapat mengoptimalkan adanya penyerapan protein untuk bisa mencegah terjadinya kecacatan pada pertumbuhan janin dan saraf janin itu sendiri.

6. Pasokan Energi
Kandungan karbohidrat komplek yang terdapat di dalam kacang hijau mampu memberikan energi yang stabil selama proses kehamilan. Energi ini akan membantu memberikan tenaga bagi ibu hamil untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

7. Mencegah Osteoporosis Pada Ibu Hamil
Beberapa mineral yang terkandung pada kacang hijau yakni zat besi dan kalsium. Apabila ibu hamil mengkonsumsi rebusan air kacang hijau, secara tidak langsung mineral zat besi akan masuk dalam tuuh dan bermanfaatkan membentuk hemoglobin serta kalsium yang berguna untuk membentuk jaringan dan tulang pada janin yang dikandung.

8. Mempercepat Penyembuhan Luka
Selama proses persalinan kemungkinan untuk terjadinya kerusakan pada sel terutama di daerah jalan lahir sangat dan pasti terjadi. Untuk itu, diperlukan protein yang berperan penting dalam proses penyembuhan luka. Dibandingkan dengan telur maupun daging, kandungan protein dalam kacang hijau terbilang sangat tinggi, terutama adalah protein kompleks. Protein juga penting dikonsumsi untuk pertumbuhan janin sehingga sangat baik dikonsumsi terutama sedari awal kehamilan

Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Resep Bubur Kacang Hijau Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Pertama siapkan beberapa bahannya dan peralatannya, mulai dari panci, sendok kuah beserta kompor. Untuk bahannya sendiri, kita menggunakan kacang hijau kurang lebih 1/4 kg, gula pasir secukupnya, beras ketan 1 ons, santan 250 ml, air 500ml, garam secukupnya dan tidak lupa untuk siapkan daun pandan juga agar bubur kacang hijau nanti lebih harum.

Apabila sudah menyiapkan bahan dan peralatannya, saatnya membahas tentang cara membuatnya:

•Kacang hijau dan beras ketan dimasukkan ke dalam panci yang berisikan air kurang lebih 500 ml dan tunggu hingga mendidih.

•Setelah mendidih tuangkan santan, garam secukupnya, gula secukupnya dan daun pandan yang sudah disiapkan ke dalam panci aduk secara perlahan agar santan, ketan beras dan kacang hijau agar merata. 

•Apabila sudah terlihat mengental, angkat dan sajikan selagi hangat. Bubur kacang hijau ini lebih nikmati disantap saat pagi atau sore hari.

Itulah zat penting yang dapat diambil sebagai manfaat kacang hijau untuk ibu hamil. Setelah mengetahui kandungan nutrisinya, sahabat tentu tidak perlu ragu lagi menyantap kacang hijau pada masa kehamilan. Setidaknya, bisa menjadikan kacang hijau sebagai asupan tambahan selain buah-buahan dan sayur-sayuran dalam menu sehari-hari.

Baca Juga Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda yang Wajib Dikonsumsi

Demikianlah informasi tentang Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan dan Ibu Hamil, semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua. Apalagi untuk wanita hamil yang sedang membutuhkan informasi mengenai manfaat kacang hijau. Terima kasih

2 Responses to "Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan dan Ibu Hamil"

  1. kacang hijau mempunyai banyak manfaat,saya belum menjadi seorang ibu tapi saya tetap suka mengkonsumsi kacang hijau selain banyak vitaminnya kacang hijau juga bisa di buat es dan bubur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas kunjunganya ibu putri, memang benar bahwa bubur kacang hijau bermanfaat banyak untuk kesehatan, dan enak jika dibuat bubur juga. Silahkan dikonsumsi...

      Delete