Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan yang Luar Biasa >> Zonapedia.com - Teh hijau adalah salah satu tanaman herbal yang kaya akan manfaat. Biasanya diolah dan disajikan sebagai minuman kesehatan. Salah satu alasannya karena minuman ini mengandung anti oksidan dan nutrisi yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Teh hijau, atau disebut juga green tea, sudah tentu bukan lagi menjadi hal asing di telinga masyarakat. Teh yang pada awalnya berasal dari Cina ini telah digunakan untuk pengobatan sejak 4.000 tahun yang lalu. Di Jepang, tradisi minum teh hijau ini dimulai sejak sekitar abad ke-6 Masehi. Pendeta Eisai dan Dogen menyebarkan ajaran Zen sambil memperkenalkan matcha (teh hijau dalam bentuk bubuk) yang dibawanya dari Tiongkok sebagai obat.

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan yang Luar BiasaTeh hijau merupakan salah satu minuman yang paling sehat di dunia. Karena sarat akan antioksidan dan nutrisi yang memiliki dampak baik bagi tubuh, termasuk mencegah risiko dari menjaga kesehatan mulut sampai mencegah risiko kanker, dan berbagai khasiat teh hijau untuk kesehatan lainnya.

Apa Kandungan Teh Hijau yang Sebenarnya?
Teh hijau memiliki senyawa-senyawa bioaktif yang berkhasiat bagi kesehatan. Sebut saja seperti katekin, mempunyai kekuatan berkali lipat dibanding vitamin C dan vitamin E dalam menghentikan kerusakan oksidatif pada sel-sel tubuh. Selain itu, teh hijau juga mengandung vitamin B, asam folat, mangan, kalium, magnesium, dan kafein yang berguna bagi tubuh kita.

Berikut ini Adalah Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

1. Melawan Kanker
Para peneliti mengungkapkan bahwa kandungan polifenol memiliki peran dalam membunuh sel kanker sekaligus menghentikan pertumbuhannya. Pada percobaan laboratorium yang dilakukan pada binatang, kandungan polifenol dalam teh hijau dapat mengurangi pertumbuhan tumor.

Bagi kaum hawa, mengonsumsi teh hijau secara rutin akan sangat baik untuk menurunkan risiko terserang kanker ovarium dan kanker endometrium. Sedangkan bagi kaum lelaki, teh hijau dapat berguna untuk mencegah kanker prostat yang biasanya banyak menyerang ketika memasuki usia senja.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah
Diabetes tipe II adalah salah satu penyakit yang menyerang secara epidemik. Penyakit ini timbul akibat tingginya kadar gula darah pada tubuh seseorang. Sebuah studi mengungkapkan bahwa teh hijau dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Studi di Jepang membuktikan bahwa mengonsumsi teh hijau dapat menurunkan hingga 42 persen risiko terkena diabetes tipe II.

Seorang ahli menyebutkan bahwa teh hijau lebih baik dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe II ketimbang teh hitam. Hal ini dikarenakan kandungan polifenol-nya yang tinggi dan juga kandungan kafeinnya yang tidak setinggi teh hitam.

3. Membantu Menjaga Berat Badan
Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa secangkir sehari teh hijau dapat mengurangi lemak tubuh, terutama di daerah perut. Hal ini juga dapat secara signifikan menurunkan persentase lemak tubuh, berat badan dan lingkar pinggang.

Juga, katekin dalam teh hijau membantu menghasilkan panas dalam tubuh, yang pada gilirannya membakar kalori ekstra. Polifenol dalam teh hijau bekerja untuk mengintensifkan tingkat oksidasi lemak.

4. Mencegah Penuaan Dini
Adanya antioksidan memang sangat penting untuk tubuh. Mengkonsumsi manfaat teh hijau bagi kesehatan yang memiiki kandungan antioksidan tinggi juga penting. Antioksidan dapat melawan radikal bebas, yang tidak hanya dapat menyehatkan tubuh. Akan tetapi, dengan adanya antioksidan juga dapat membantu mencegah terjadinya penuaan dini.

5. Membersihkan Wajah Dari Jerawat
Secara umum, antioksidan yang terkandung di dalam teh hijau mampu menjaga kesehatan kulit dari penyakit kulit dan kanker. Lebih rincinya lagi, kandungan antioksidan dalam teh hijau mampu membersihkan kotoran yang menempel pada pori wajah yang dapat menimbulkan terjadinya jerawat. Tidak perlu khawatir terkena jerawat, karena dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin, otomatis wajah akan terhindar dari masalah jerawat.

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan yang Luar Biasa6. Melindungi Hati
Manfaat teh hijau untuk kesehatanMenurut para ahli teh hijau diprediksi dapat membantu melindungi hati dari kerusakan yang ditimbulkan oleh senyawa beracun yang masuk tubuh, seperti misalnya alkohol. Sementara itu, penelitian yang melibatkan tikus, membuktikan bahwa teh hijau dapat melawan tumor hati.

Kadar katekin dalam teh hijau juga ditengarai bisa membantu penyembuhan penyakit hepatitis yang disebabkan oleh virus. Sayangnya, kadar katekin yang diperlukan lumayan banyak sedangkan kadar dalam teh hijau belum diketahui pasti, sehingga membutuhkan penelitian lebih lanjut.

7. Menyehatkan Indera Penglihatan
Beberapa peneliti berpendapat bahwa mata dapat menyerap antioksidan dari teh hijau, yang kemudian berfungsi sebagai agen pelindung pada mata. Teh hijau telah diteliti dan diketahui mampu memerangi sakit jantung dan juga kanker. Salah satu komponen paling penting pada teh hijau ini adalah katekin, yang jumlahnya sangat tinggi pada teh hijau.

Peneliti mengungkapkan bahwa katekin, diantara antioksidan lain seperti vitamin C, vitamin E, lutein, dan zeaxanthin, memiliki kemampuan untuk melindungi lapisan mata dari glaukoma dan penyakit mata lainnya.

8. Menjaga Tulang Kuat
Kandungan fluoride yang tinggi dalam teh hijau membantu mempertahankan kekuatan tulang.
Konsumsi rutin teh hijau dikaitkan dengan rendahnya risiko patah tulang osteoporosis.

9. Menjadikan Tubuh Lebih Segar
Teh hijau juga memiliki manfaat lain, yakni dapat membantu agar tubuh menjadi lebih segar. Mengkonsumsi teh hijau ketika tubuh sedang lelah  dapat mengembalikan kesegaran tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih vit dan menjadi lebih fresh.

10. Sebagai Obat Herpes
Singkatnya, herpes merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan serangan virus yang dapat sampai pada sistem syaraf. Tidak dengan diminu, teh hijau mengatasi herpes dengan mengkompreskan teh hijau pada bagian yang terkena herpes. Caranya yakni dengan mengkompres bagian tubuh yang terkena herpes dengan kain yang dicelupkan pada teh hijau hangat.

11. Mencegah Radang Sendi
Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan yang Luar BiasaRadang sendi atau artritis reumatoid merupakan penyakit yang mengakibatkan peradangan dalam waktu yang cukup lama pada sendi. Studi menunjukan bahwa epigallocatechin gallate (EGCG) dan kimia penting lain yang disebut epicatechin gallate (ECG), keduanya ditemukan di dalam teh hijau, yang dapat membantu anak mencegah penyakit radang sendi.

12. Mencegah Alzheimer dan Parkinson
Teh hijau tidak hanya meningkatkan fungsi otak, tapi juga melindunginya dari aneka macam penyakit berbahaya. Sebut saja ibarat alzheimer dan parkinson yang merusak episode neuron otak. Biasanya dua penyakit ini menyerang dikala seseorang berumur lebih dari 50 tahun.

Beberapa studi penelitian menunjukan, bahwa senyawa catechin yang terkandung pada teh hijau bersifat protektif dalam melindungi neuron otak. Dengan demikian, mengonsumsi teh hijau secara rutin dapat menurunkan risiko terkena alzheimer dan parkinson dikala kita sudah lanjut usia nanti.

13. Meingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Teh hijau mengandung banyak senyawa yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Termasuk polifenol catechin dan asam amino esensial. Salah satu studi menemukan bahwa mengonsumsi teh hijau mengurangi risiko terkena flu hingga 75 persen.

14. Melancarkan Sekresi
Dari setiap makanan atau minuman yang telah masuk ke dalam tubuh manusia,pasti hanya diambil sarinya saja dan kemudian perlu dibuang zat yang tidak perlu. Terkadang ada hambatan dalam proses sekresi yang dapat ditimbulkan karena berbagai hal. Untuk membantu proses sekresi agar berjalan dengan normal, menghonsumsi teh hijau dapat dijadikan salah satu solusi. Kandungan katekin dalam teh hijau dapat membantu kerja ginjal dalam melakukan proses sekresi. Sekresi yang tidak lancar dapat menyebabkan berbagai penyakit karena zat yang seharusnya dibuang tetap berasa di dalam tubuh.

15. Mencegah Terjadinya Flu
Meskipun tidak banyak, kandungan vitamin C yang dibantu kandungan lain dalam teh hijau, dapat membantu teh hijau meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, kekebalan tubuh dapat meningkat, dan seseorang tidak rentan terhadap adanya virus maupun bakteri yang dapat menyebabkan flu.

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan yang Luar Biasa
Efek Samping Mengkonsumsi Teh Hijau yang Perlu Diperhatikan
Efek samping lain yang dapat terjadi adalah penurunan darah. Orang-orang dengan jumlah darah yang sedikit harus menghindari konsumsi teh hijau karena kandungan vitamin K pada teh hijau. Selain itu, apabila teh hijau dikonsumsi bersamaan dengan obat stimulan lain, akan terjadi efek samping berupa meningkatnya tekanan darah dan kecepatan jantung.

Untuk menerima semua manfaat teh hijau di atas saja tidak cukup guys. Mulai sekarang anda juga harus menerapkan gaya hidup sehat, berolahraga, dan tidur teratur semoga karenanya optimal.  Bagaimanapun juga, teh hijau memiliki sisi positif dan negatif. Untuk itu, ada baiknya Anda mengonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu sebelum Anda mulai mengonsumsi teh hijau. Demikian ulasan seputar manfaat teh hijau bagi kesehatan. Terimakasih

0 Response to "Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan yang Luar Biasa"

Post a Comment