11 Cara Ampuh Menjaga Kondisi Kesehatan di Musim Hujan

11 Cara Ampuh Menjaga Kondisi Kesehatan di Musim Hujan >> ZonaPedia.com - Menjelang akhir tahun hingga menjelang bulan baru ditahun baru iklim di Indonesia biasanya terasa dingin, hujan yang terus menerus mengguyur dari pagi hingga malam terkadang menjadi rutinitas yang mau tidak mau harus kita hadapi. Pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan ini biasanya membuat tubuh kita akan lebih rentan terhadap gangguan kesehatan. Hal ini disebabkan karena tubuh dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda daripada sebelumnya. Meski memang untuk beberapa orang, kehujanan beberapa kali tidak berpengaruh apa-apa pada tubuh mereka, namun ada pula beberapa orang yang hanya sekali terkena hujan, langsung ambruk esok harinya.

Musim hujan nan dingin ini sering kali dianggap sebagai musimnya banyak penyakit yang datang. Di saat musim hujan, banyak orang yang mengalami penurunan daya tahan tubuh sehingga banyak kuman, bakteri, hingga virus-virus yang memasuki tubuh dan pada akhirnya menyebabkan penyakit. Flu adalah salah satu penyakit yang pada umumnya terjadi dan bisa saja dialami oleh siapa saja, termasuk kamu. Selain flu, ada pula batuk, sesak nafas, masuk angin, penyakit kulit atau bahkan demam berdarah.

11 Cara Ampuh Menjaga Kondisi Kesehatan di Musim Hujan
Oleh karena itu untuk mengahadapi musim penghujan yang kini akan mengancam kesehatan, maka anda sebaiknya mengikuti tips menjaga kesehatan di musim hujan di bawah ini.


1. Hindari Begadang
Tidur yang teratur dapat menjaga ketahanan daya tubuh anda. Tidur akan mengembalikan kondisi tubuh dan memulihkan stamina. Tidur juga bisa menghilangkan stres. Tidur juga akan memperbaiki sistem kekebalan tubuh Anda. Karena itu, pastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat di malam hari karena waktu tidur dimalam hari tidak dapat digantikan di siang hari.

2. Konsumsi Vitamin
Saat sistem kekebalan tubuh menurun, maka penyakit akan lebih rentan menyerang. Untuk itulah konsumsi vitamin amat dibutuhkan untuk menjaga kestabilan system imun. Mengkonsumsi vitamin C secara rutin akan memastikan kebutuhan vitamin C dalam tubuh terpenuhi, yang pada akhirnya akan membantu anda meningkatkan fungsi sistem imun dalam tubuh.

3. Makan Saat Lapar
Suhu yang dingin  saat musim penghujan biasanya membuat nafsu makan menjadi lebih besar. Namun sayangnya metabolism saat musim ini menjadi lebih lambat daripada biasanya. Dan bisa anda bayangkan jika anda terus-terusan menuruti nafsu makan yang begitu besar tanpa didukung dengan metabolisme yang baik, hal tersebut tentunya akan berujung pada kegemukan atau yang kita kenal dengan istilah obesitas. Anda tentu tidak ingin jika hal ini terjadi bukan? untuk itu aturlah cara makan dan porsi makan anda saat musim penghujan, jangan sampai nafsu makan anda yang besar mengantarkan anda pada kegemukan. Selain itu usahakan pula untuk tidak melulu menuruti nafsu mengemil ketika perut belum terlalu merasa lapar. Perut yang secara-terus menerus diisi tanpa ada proses pembakaran yang seimbang tentunya tidak akan membawa dampak baik untuk kesehatan anda.

4. Sedia Payung
Penting sekali mengingat bahwa membawa payung atau jas hujan saat ke mana pun Anda pergi. Meski pagi hari matahari nampak sangat cerah, Anda tidak akan tahu nasib cuaca sore hari. Bisa jadi Anda terjebak hujan hingga malam karena Anda menganggap tidak akan turun hujan hari itu.

5. Kelola Stres
Saat musim hujan, seseorang mudah stres. Misalnya karena terlambat bekerja gara-gara hujan turun. Ketika seseorang stres akan berdampak secara fisiologis. Seperti gelisah, detak jantung meningkat dan mudah letih. Oleh karena itu penting sekali mengelola stres. Dalam buku Psikolog karya Carole Wade dan Carole Tavris, salah satu cara mengelola stres dengan menenangkan diri dengan relaksasi. Relaksasi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Caranya dengan membiarkan tubuh menerima ransangan apapun baik berupa suara, bau atau sentuhan yang dapat menenangkan diri.

6. Bersihkan Rumah
Populasi nyamuk semakin bertambah selama musim hujan. Agar nyamuk tak menyerang Anda, sebaiknya bersihkan rumah secara rutin. Perhatian parit, bak air, sudut, dan celah di rumah Anda yang mungkin menjadi sarang nyamuk.

7. Menjaga Kebersihan Tangan
Menurut peneliti medis, cara terbaik kuman masuk ke tubuh kita adalah melalui tangan kotor. Kita menggunakan tangan kita di hampir setiap kegiatan, sehingga berbagai macam kuman dapat dengan mudah masuk ke tubuh kita setiap saat. Untuk menjaga diri agar tetap terlindung, bersihkan tangan anda secara teratur. Pastikan anda senantiasa ‘higienis’ sepanjang hari. Cuci tangan anda setiap sebelum makan, sehabis dari toilet, dan setelah melakukan kegiatan apapun. Hindari menyentuh wajah anda dengan tangan yang kotor, karena penelitian mengatakan bahwa kuman biasanya masuk lewat hidung atau mulut anda.

11 Cara Ampuh Menjaga Kondisi Kesehatan di Musim Hujan
 
8. Kenakan Pakaian Yang Tebal dan Hangat
Ternyata ketebalan pakaian juga dapat mempengaruhi kesehatan anda dimusim penghujan. Baju tipis dan transparan kurang cocok dikenakan saat cuaca dingin seperti saat ini, terutama jika aktifitas yang anda lakukan lebih banyak di luar ruangan. Maka dari itu pakailah pakaian yang tebal dan hangat serta nyaman digunakan.

9. Jauhi Sumber Penyakit
Musim hujan membuat air menggenang dimana-mana, nyamuk jadi mudah berkembang biak, apalagi nyamuk demam berdarah. Hindarilah genangan air, dan basmi jentik nyamuk di lingkungan sekitar tempat tinggal. Untuk menghindari penyakit kulit, jaga pakaian agar tetap kering dan bersih sepanjang waktu.

10. Cuci Tangan dengan Sabun
Anda mungkin memiliki kebiasaan buruk tidak mencuci tangan saat ingin melakukan apa pun, dan hal inilah yang harus diubah. Tangan adalah tempat yang sangat baik menjadi sarang virus dan bakteri, bisa saja Anda terserang flu karena tidak menjaga kebersihan tangan. Jika tidak sempat cuci tangan, bawa hand sanitizer ke mana pun.

11. Penuhi Cairan Tubuh
Biasanya orang akan mengabaikan konsumsi air putih terutama pada saat musim penghujan. Namun faktanya baik musim kemarau maupun musim penghujan kebutuhan cairan dalam tubuh masih tetap sama. Oleh karena itu, pastikan jika anda tetap mengkonsumsi cairan setidaknya 1,5 liter perhari.

Demikian informasi tentang 11 Cara Ampuh Menjaga Kondisi Kesehatan di Musim Hujan yang sebaiknya anda terapkan saat musim penghujan tiba, agar resiko terjadinya gangguan kesehatan bisa lebih di minimalisir. Semoga dapat bermanfaat dan juga dapat anda terapkan di rumah. Terimakasih.

0 Response to "11 Cara Ampuh Menjaga Kondisi Kesehatan di Musim Hujan"

Post a Comment