Berikut 11 Bahaya Makan Gorengan Bagi Kesehatan yang Wajib Diwaspadai

Berikut 11 Bahaya Makan Gorengan Bagi Kesehatan yang Wajib Diwaspadai >> Zonapedia.com - Gorengan merupakan salah satu makanan yang paling banyak di favoritkan oleh banyak kalangan konsumen termasuk sahabat mungkin. Hal ini terjadi  karena gorengan memiliki cita rasa yang sangat khas renyah, gurih dan enak dan dengan dukungan harganya yang sangat terjangkau. Untuk mendapatkan makanan gorengan pun tidak begitu sulit, karena anda akan menemukannya dengan sangat mudah seperti di warung, di pedagang kaki lima atau pedagang emperan.
Berikut 11 Bahaya Makan Gorengan Bagi Kesehatan yang Wajib Diwaspadai

Makanan yang digoreng terutama gorengan, banyak dijual di berbagai tempat mulai dari pinggir jalan raya, rumah makan, atau kantin-kantin sekolah. Ada banyak sekali jenis gorengan yang dibuat dengan bahan yang berbeda satu dengan lainnya seperti tempe goreng, tahu goreng, bakwan, tahu isi, sosis dan lain sebagainya. Semua makanan yang digoreng cenderung mengandung lemak, kalori, serta garam yang cukup tinggi. Karena proses penggorengan dapat menyebabkan rusaknya nutrisi dan meningkatkan jumlah kalori. Terlebih lagi, jika minyak yang digunakan untuk menggoreng sudah digunakan lebih dari satu kali.

Minyak yang digunakan untuk menggoreng termasuk dalam sumber lemak. Satu sendok teh minyak yang biasa Anda gunakan untuk menggoreng mengandung kurang lebih 50 kalori. Meskipun terlihat sedikit, hanya 50 kalori, tetapi nyaris tidak mungkin Anda hanya mengonsumsi satu sendok teh minyak per harinya. Dan tidak hanya dari minyak goreng saja, sumber lemak lain seperti margarin, mentega, dan krim bisa jadi termasuk dalam jenis makanan yang Anda makan sehari-hari. Berikut beberapa hal yang menyebabkan konsumsi gorengan berlebihan menjadi berbahaya.

11 Bahaya Makan Gorengan Bagi Kesehatan yang Wajib Diwaspadai

1. Dapat Menyebabkan Tukak Lambung
Tukak lambung merupakan penyakit yang disebabkan karena ada luka di bagian dinding lambung sehingga menyebabkan rasa nyeri yang tak tertahankan. Penyakit ini salah satunya disebabkan karena bakteri pylori. Tetapi, tukak lambung juga bisa disebabkan karena konsumsi gorengan. Minyak dari gorengan menciptakan keasaman pada lambung sehingga memicu munculnya bisul. Dari bisul inilah yang nantinya akan pecah dan membentuk luka lambung. Jika sudah parah, tukak lambung bisa menyebabkan kebocoran.

2. Dapat Meningkatkan Risiko Kegemukan
Tidak hanya diabetes, risiko kegemukan hingga obesitas juga meningkat. Makanan tinggi lemak biasanya juga tinggi kalori, karena 1 gram lemak setara dengan 9 kalori. Sehingga satu sendok teh minyak gorengan dapat menyumbang 45 kalori. Jika Anda rutin mengonsumsi makanan yang digoreng, bukan tidak mungkin lama kelamaan berat badan Anda akan bertambah. Kegemukan dan obesitas merupakan faktor risiko pada sebagian besar penyakit degeneratif, ini berarti jika berat badan Anda lebih dari normal maka risiko Anda untuk menderita penyakit lain juga meningkat.

Berikut 11 Bahaya Makan Gorengan Bagi Kesehatan yang Wajib Diwaspadai
3. Dapat Menganggu Pencernaan
Gangguan pencernaan akibat terlalu banyak mengkonsumsi gorengan dikarenakan kandungan lemak yang asam yang menjadikannya terlalu berat bagi perut. Gangguan ini banyak diabaikan dan dianggap sebagai gangguan yang tidak serius. Untuk mengurangi resiko terkena gangguan pencernaan, sebaiknya anda mengunyah gorengan yang anda konsumsi dengan baik.

4. Dapat Menganngu Rasa Nyeri Pada Dada
Untuk orang yang sudah terlalu maniak dengan makanan gorengan maka biasanya mereka sering sekali mengalami gangguan  pada area dada yang meliputi pernapasan dimana akan terasa sesak dan juga akan  dapat memberikan rasa yang lebih parah yakni terbakar. Hal ini dapat terjadi pada seseorang karena adanya gangguan gerakan asam lambung ke dalam esophagus yang merupakan saluran makanan yang berperan sangat penting sekali dalam mengalirkan makanan ke mulut lambung.

5. Dapat Membuat Gagal Jantung
Penelitian menunjukkan bahwa semakin rajin seseorang makan gorengan setiap minggunya, semakin tinggi risiko orang tersebut untuk mengalami gagal jantung. Duh, mengerikan ya! Bayangkan, hanya makan sekali dalam seminggu saja bisa meningkatkan risiko gagal jantung hampir 20 persen! Bagaimana jika kamu makan lebih sering dari itu? Seminggu penuh kamu rajin makan gorengan, maka risiko kamu terkena gagal jantung bisa meningkat hampir 70 persen!

Berikut 11 Bahaya Makan Gorengan Bagi Kesehatan yang Wajib Diwaspadai
6. Dapat Membuat Pusing
Dalam pembuatan goreng, banyak sekali pedagang yang keliru dalam menggunakan vetsin dan garam. Masuknya garam dan vetsin secara berlebihan bisa mengganggu syaraf-syaraf yang berhubungan dengan otak. Akibatnya beberapa gejala seperti pusing menjadi pertanda bahwa terlalu banyaknya zat vetsin yang masuk ke dalam tubuh.

7. Dapat Meningkatkan Risiko Prostat pada Pria
Pada pria, sebuah penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi gorengan dalam jangka waktu lama yakni lebih dari satu kali dalam seminggu, bisa berisiko meningkatkan kanker prostat. Selain itu, kandungan micin berlebihan yang ada pada gorengan juga menurunkan kesuburan seorang pria.

8. Dapat Mengakibatkan Kanker Usus Besar
Makanan yang biasa dijual di pinggir jalan dengan istilah gorengan ini lebih banyak dampak negatifnya dari pada manfaatnya bagi kesehatan. Salah satunya dapat menyebabkan kanker usus besar. Karena minyak bekas pakai ini dapat memicu tumbuhnya asam empedu di dalam bagian usus, sehingga dapat meyebabkan iritas pada usus.

9. Dapat Membuat Gatal-gatal di Kerongkongan
Penggunaan minyak bekas ternyata membawa dampak buruk pada kerongkongan. Mengkonsumsi gorengan yang menggunakan minyak bekas bisa membuat kerongkongan menjadi gatal-gatal dan memicu timbulnya batuk. Gatal-gatal di kerongkongan disebabkan oleh senyawa akreolin yang berasal dari pengendapan minyak bekas tadi. Maka dari itu, hendaklah kita membeli gorengan dengan teliti atau membuatnya sendiri.

10. Minyak Goreng Digunakan Berkali-Kali
Salah satu alasan mengapa mengonsumsi gorengan berbahaya bagi kesehatan Anda adalah dari minyak yang digunakan berkali-kali. Masing-masing jenis minyak memiliki suhu maksimum, di mana pada suhu maksimal tersebut, minyak akan mulai mengeluarkan asap ketika dipanaskan. Suhu ini disebut juga smoke point. Saat mencapai smoke point, akan dihasilkan zat berbahaya yang bersifat racun bagi tubuh, serta radikal-radikal bebas yang dapat merusak sel-sel di dalam tubuh Anda.

Semakin sering minyak digunakan, akan semakin rendah angka smoke point-nya sehingga semakin mudah menghasilkan senyawa-senyawa yang tidak baik bagi tubuh. Selain itu, jika tidak disimpan dengan benar, minyak lama kelamaan akan bersifat anaerobik dan menjadi tempat pertumbuhan bakteri seperti bakteri penyebab keracunan makanan, clostridium botulinum.

11. Makanan Digoreng Menyerap Lebih Banyak Minyak
Berikut 11 Bahaya Makan Gorengan Bagi Kesehatan yang Wajib Diwaspadai
Salah satu alasan mengapa gorengan yang Anda beli terasa gurih mungkin karena tepung berbumbu yang digunakan sebagai pelapis. Tetapi tahukah Anda, tepung tersebut merupakan salah satu sumber lemak terbanyak dalam gorengan? Sifat menyerap minyak yang dimiliki tepung menjadikan bagian tepung di gorengan mampu menyimpan banyak minyak setelah mengalami proses penggorengan.

Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Science mengungkapkan bahwa semakin lama makanan digoreng maka akan semakin banyak minyak yang terserap, karena ketika makanan terkena suhu panas dari minyak, air yang terkandung dalam makanan akan menguap dan pori-porinya membesar, memberi ruang untuk minyak masuk.

Kesimpulan
Berikut 11 Bahaya Makan Gorengan Bagi Kesehatan yang Wajib DiwaspadaiMakanan berbahaya sering mengintai kita jika tidak selektif dalam memilihnya. Salah satunya adalah makanan yang digoreng atau dikenal dengan istilah gorengan. Makanan ini memang enak dan sangat digemari masyarakat. Apalagi disantap di sore hari sambil bercengkrama dengan keluarga. Tidak salah, jika gorengan sepiring akan ludes dalam sekejap. Tetapi kita harus waspada terhadap dampak negatif yang ditimbulkan makanan ini, karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan, seperti: jantung, stroke, kolesterol tinggi, gangguan pencernaan, bahkan penyakit kanker. Yang harus diteliti juga adalah kertas atau kantung plastik pembungkus gorengan ini.

Sedangkan untuk kamu yang ingin menyantap gorengan dari warung, sebaiknya serap minyaknya dulu dengan memakai tisu. Juga, jangan lupa untuk membatasi konsumsi gorengan maksimal seminggu 2x saja. Ingat, kesehatanmu jauh lebih berharga daripada sekedar kenikmatan gorengan!

Demikianlah informasi tentang 11 Bahaya Makan Gorengan Bagi Kesehatan yang Wajib Diwaspadai, semoga informasi ini bisa membuat kita sadar akan dampak buruk makan gorengan. Bukan berarti Anda harus anti-gorengan, namun kita disaran untuk membatasinya. Terimakasih

0 Response to "Berikut 11 Bahaya Makan Gorengan Bagi Kesehatan yang Wajib Diwaspadai"

Post a Comment