15 Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Berlebihan pada Diri Seseorang

15 Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Berlebihan pada Diri Seseorang >> Zonapedia.com - Rasa cemas dan takut yang berlebihan bisa saja terjadi pada siapa saja di mana, biasanya hal ini meliputi rasa kekhawatiran akan peristiwa yang akan datang alias belum terjadi. Ada hal-hal yang terkadang kita bayangkan tentang masa depan dengan segala prediksi yang membuat kita takut sendiri. Ketika hal seperti ini dibiarkan, hal ini mampu menjadikan seseorang stres dan depresi. Secara psikologis, sebenarnya ketakutan wajar terjadi pada kita, karena termasuk sifat alamiah. Dengan adanya rasa takut, seseorang akan lebih waspada terhadap suatu hal dibandingkan mereka yang tidak memiliki rasa takut sama sekali. Namun adakalanya rasa takut yang ada dalam diri kita membuat gangguan dalam kehidupan. Misalnya menyebabkan stres, kerja tidak maksimal, kurang kreatif, sampai masalah kejiwaan.

Entah itu takut akan kehilangan seseorang yang dicintai atau sekadar menonton film horor, setiap orang pasti pernah merasa ketakutan. Rasa takut itu sendiri pun bukan berarti Anda lemah. Ketakutan adalah bagian dari naluri alami manusia untuk bertahan hidup.

15 Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Berlebihan pada Diri Seseorang

Bagaimana rasa takut bisa muncul?

Rasa takut dapat terjadi dalam dua tahap yaitu reaksi biokimia dan respon emosional. Sederhananya begini: saat kita merasa takut, atas apapun alasannya, tubuh akan secara otomatis melepaskan hormon stres adrenalin dalam jumlah yang cukup banyak. Ini adalah reaksi biokimia, yang kemudian menyebabkan beberapa reaksi fisik seperti berkeringat deras dan jantung berdebar kencang.

Reaksi biokimia tubuh tersebut terjadi di segala situasi yang memicu rasa takut, baik dari hal yang nyata (misal, menghadapi operasi besar) atau yang hanya dipicu oleh kondisi emosional (misalnya, takut untuk berbicara depan publik). Pada akhirnya, rasa takut ini akan memicu respon emosional, seperti rasa cemas dan/atau penghindaran.

Apapun ketakutan Anda, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi ketakutan berlebihan dan kecemasan yang ditimbulkannya dalam kehidupan sehari-hari:

1. Ubah Pikiran Menjadi Positif
Orang bilang kata adalah doa dan apa yang kita pikirkan maka itu yang akan terjadi. Sama-sama berkata dan sama-sama berpikir, mendingkan kita berkata dan berpikir yang positif-positif saja. Tak ada gunanya selalu berpikir negatif. Justru akan membuatmu semakin terpuruk dalam ketakutan.

Mulai sekarang cobalah untuk membayangkan hal yang baik-baik. Ambil hikmah disetiap kejadian yang kamu alami. Anggaplah semua ini sudah diatur oleh Tuhan. Kita sebagai manusia hanya bertugas untuk menjalani saja. Toh, semuanya nanti akan indah pada waktunya bukan?

15 Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Berlebihan pada Diri Seseorang

2. Cari Waktu untuk Menenangkan Diri
Mengatasi ketakutan memerlukan pikiran yang santai dan terbebas dari stres. Maka, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menenangkan diri secara fisik dan mental. Hal ini dapat dilakukan dengan menarik napas dalam, minum air putih, atau mencari pengalihan dari rasa takut tersebut dengan berjalan kaki sejenak atau dengarkan musik ceria.

3. Kenali Pemicu Kecemasan dan Rasa Takut Anda
Untuk bisa mengatasi ketakutan berlebihan, Anda sebelumnya harus tahu dulu apa yang jadi pemicu dan apa saja gejala yang ditunjukkan ketika merasa takut. Dengan begitu Anda akan jadi lebih mudah memfokuskan diri untuk mencari cara mencegah dan mengurangi masalahnya, daripada menghindari yang nantinya akan berbuah negatif.

15 Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Berlebihan pada Diri Seseorang

4. Bersantai dan Tenangkan Pikiran
Apakah kamu sudah tahu teknik relaksasi? Jika belum, cobalah untuk belajar teknik relaksasi karena hal tersebut bisa membantu kamu untuk membuat mental dan fisikmu yang ketakutan menjadi lebih santai. Beberapa caranya adalah: dengan bernafas dalam-dalam, berada di tempat yang tenang dan sejuk, membayangkan bahwa kamu berada di tempat yang menyenangkan, atau bisa juga dilakukan dengan ibadah, pijat, dan lain-lain.

5. Paham Akan Penyebab Ketakutan
Pahami betul apa faktor yang memicu rasa takut muncul dalam diri Anda. Ketika Anda mengenal dan memahami hal tersebut, maka ini akan membantu Anda untuk menjadi lebih baik. Contohnya, Anda takut naik motor karena misalnya dulu pernah mengalami kecelakaan sewaktu mengendarainya atau anda takut terhadap ayam atau bebek karena pernah dipatok. Pemicu dari ketakutan biasanya adalah pengalaman di masa lalu yang tak mengenakkan dan Anda perlu mengidentifikasinya secara jelas.

6. Bangun Kepercayaan Dalam Diri
Membangun rasa percaya diri tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Butuh proses dan latihan lama agar rasa PeDe tersebut muncul dalam diri kita. Akan tetapi, ada beberapa trik yang bisa membuat kamu cepat percaya diri.

Antara lain seperti merubah penampilan lebih menarik, berlatih berbicara, bersosial dengan banyak orang, memantapkan hati, mendengarkan lagu kesukaan, dan masih banyak lagi. Selengkapnya di cara meningkatkan kepercayaan diri dengan cepat.

15 Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Berlebihan pada Diri Seseorang7. Ambil Waktu untuk Bermain
Banyak orang yang menjauhkan diri dari rasa cemas akibat stres dengan bermain bersama hewan peliharaan. Jadi jika memiliki hewan peliharaan, jangan ragu untuk bermain-main dengannya karena ini termasuk efektif untuk Anda dapat melegakan dan melepaskan diri dari rasa stress

8. Jangan Ragu Meminta Bantuan
Sama seperti emosi lainnya, mengekspresikan rasa takut juga diperlukan karena dapat membantu Anda mengenali betul masalah Anda dan mengurangi stres daripada harus memendamnya sendirian. Jika bicara dengan orang terdekat tidak dapat menolong Anda, maka jangan ragu untuk mencari pertolongan dari professional seperti menjalani terapi bicara atau kejiwaan (psikoterapi).

9. Tidur yang Cukup
Untuk menghilangkan ketakutan dan kecemasan berlebih, Anda bisa mulai tidur cukup karena pada dasarnya stres dan rasa cemas mampu disebabkan oleh pola tidur yang tak konsisten serta kurangnya kualitas tidur. Kondisi psikologis seseorang sangat dapat dipengaruhi oleh hal tersebut, jadi lebih baik mulailah memperbaiki pola tidur di mana Anda perlu beristirahat di malam hari selama 7-8 jam setiap harinya.

10. Memunculkan Keberanian
Lawan dari rasa takut adalah rasa berani. Maka salah satu cara menghilangkan rasa takut adalah dengan memunculkan rasa berani. Apapun yang akan kita lakukan maka beranilah untuk melakukannya serta tumbuhkan kemauan berjuang dalam menghadapi rasa takut gagal. Kebanyakan yang terjadi adalah memang keberanian akan muncul pada saat-saat terdesak atau kepepet.

Namun keberanian juga bisa dilatih dengan melatih mental anda dan menumbuh suburkan mental berani anda. Salah satu cara melatihnya adalah dengan mengikuti latihan beladiri. Berlatih beladiri selain menjadikan sehat secara fisik juga akan membuat mental anda menjadi lebih sehat kuat dan tangguh dan berani.

11. Hindari Pelampiasan Pada Alkohol, Obat-obatan, atau Rokok
Minimalisir penggunaan rokok, alkohol dan obat-obatan terlarang jika Anda merasa perlu menjauhkan diri dari kecemasan. Sebagai gantinya cobalah cara yang lebih sehat seperti mencukupkan waktu istirahat dan tidur malam untuk mengurangi rasa tertekan.

15 Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Berlebihan pada Diri Seseorang

12. Hadapi Rasa Takutmu
Membiarkan rasa takut menguasai diri kamu justru akan membuat kamu semakin sulit untuk menghilangkan ketakutan tersebut. Sedikit demi sedikit cobalah untuk melawan rasa takutmu. Ajaklah teman atau orang yang paling kamu percaya untuk bersama-sama melawan rasa takut tersebut. Karena dengan support teman atau sahabat, kamu akan menjadi manusia yang lebih kuat. Jika hari ini tidak bisa, kamu bisa mulai menghadapi rasa takutmu besok.

13. Konseling
Rasa takut dan cemas yang berlebih tak akan baik untuk kesehatan tubuh maupun kehidupan bersosial, maka ada baiknya penderita mempertimbangkan untuk melakukan konseling. Konseling seperti yang kita tahu, ini adalah sebuah cara di mana ada seorang ahli yang akan rela meluangkan waktu demi mendengarkan keluh kesah dan permasalahan penderita ketakutan. Setelah segala hal tercurahkan, ahli akan memberikan solusi untuk menghilangkan ketakutan yang berlebihan tersebut.

14. Psikoterapi
Cara menghilangkan stres dan rasa takut yang sudah terlalu berlebihan juga bisa dilakukan melalui sebuah pendekatan intens kepada penderitanya. Hal ini dilakukan agar penyebab dari fobia terhadap satu benda maupun kondisi tertentu bisa ditemukan. Ketika penyebab sudah ditemukan, otomatis akan lebih gampang untuk menentukan solusi dalam mengatasi ketakutan si penderita.

15 Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Berlebihan pada Diri Seseorang

15. Mendekatkan diri Kepada Tuhan
Mungkin ketakutanmu selama ini disebabkan karena kurang dekat dengan Sang Pencipta. Apapun agamamu pasti mengajarkan untuk selalu dekat dengan Tuhan. Dengan dekat kepada Tuhan, maka hidup kita akan menjadi lebih tenang dan tentram. Oleh sebab itu, mulai sekarang perbaiki ibadahmu.

Untuk kalian umat beragama Islam bisa dengan sholat lima waktu ditambah dengan menjalankan puasa senin-kamis dan sunnahnya. Sedangkan untuk kamu yang non-Islam bisa melaksanakan ibadah secara khusyuk menurut ajaran masing-masing.

Demikianlah telah diuraikan mengenai cara menghilangkan rasa takut. Rasa takut memang perlu dikendalikan. Rasa takut yang berlebihan hanya akan menyebabkan ketidakproduktifan pada diri anda. Cara mengendalikan rasa takut perlu dilatih secara terus-menerus tanpa henti. Bahkan sejak masih usia anak-anak pun penumbuhan rasa berani dan penghilangan rasa takut sudah harus mulai ditanamkan.

Itulah beberapa cara mengatasi rasa takut dan cemas yang berlebihan dalam diri. Ingat, sebesar apapun masalah yang sedang kamu hadapi saat ini, percayalah semua pasti ada solusinya. Semoga artikel diatas dapat memberikan pencerahan. Semangat selalu...

0 Response to "15 Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Berlebihan pada Diri Seseorang"

Post a Comment