Cara Sukses Menghilangkan Rasa Malas Mengerjakan Tugas Akhir

Cara Sukses Menghilangkan Rasa Malas Mengerjakan Tugas Akhir || Bagi sebagian mahasiswa, skripsi terkadang menjadi beban tersendiri dalam penyelesaiannya. Ia seakan seperti duri dalam daging. Bila tidak diselesaikan dengan segera maka bisa-bisa banyak hal yang terjegal karenanya, dari mulai mencari pekerjaan, tuntutan orang tua, desakan calon mertua untuk segera menikah, banyaknya biaya serta waktu kuliah yang tidak sebentar, yang akan hilang begitu saja karena di akhir masa studi, kita tidak dapat menyelesaikan skripsi tepat pada waktunya.

Skripsi sering jadi momok yang membuat mahasiswa terseok-seok menyelesaikan studinya. Bukan karena tidak bisa materinya, kita justru lebih sering terjebak dalam kubangan lumpur hisap skripsi sekian lama karena malas mengerjakan atau kehilangan semangat di tengah jalan.


Cara Sukses Menghilangkan Rasa Malas Mengerjakan Tugas Akhir

Untuk itulah saya akan sedikit berbagi pengalaman tentang hal ini, bagi sahabat yang masih berkutat pada masalah ini, cara ini bisa diterapkan untuk mensukseskan akademik sahabat. Berikut cara menghilangkan rasa malas ketika mengejarkan tugas akhir.

Cara Sukses Menghilangkan Rasa Malas Mengerjakan Tugas Akhir

1. Niatkan Diri Untuk Segera Lulus
Ketika ingin melakukan segala sesuatu tentunya kita harus selalu mendasari dengan niat, karena niat yang baik InsyaALLOH akan memberikan hasil yang baik. Jadi ketika sudah mulai menghadapi skripsi atau sudah mulai menjalankan/mengerjakan skripsi tentunya kita harus benar-benar niat kan diri kita untuk menyelsaikan Tugas Akhir Kuliah Kita (SKRIPSI). Ingat ya teman-teman NIAT, saya ulangi  lagi harus NIAT, karena kalau kita sudah gak ada niat ya gak bakalan di kerjain tuh skripsinya.

Dalam ISLAM,  contoh ketika seorang muslim ingin melakukan Sholat, dia pun harus NIAT, maka Sholat pun akan diselesaikan, begitu juga dengan mahasiswa akhir, untuk memulai melakukan atau mengerjakan Tugas Akhir perlu niat. Semoga kalian akan selalu mempunyai niat baik untuk cepat menyelsaikan SKRIPSI .

2. Bangun Motivasi
Kadang-kadang kita lupa tujuan utama kita menulis skripsi itu apa. Buat motivasi yang jelas, misalnya saja, saya ingin segera menyelesaikan skripsi agar semester depan ayah ibu saya yang di kampung bisa melihat anaknya wisuda, dan mereka pun bahagia. saya harus segera selesai skripsi, supaya semester depan tidak bayaran lagi, kerena uang semesterannya dapat digunakan untuk keperluan lain, atau misalnya saya harus segera skripsi, agar tahun depan sudah bisa meminang calon isteri, dan sebagainya. Bangun motivasi, apapun itu usahakan buat sepersonal mungkin dengan anda.

Kemudian buatlah target, dalam bagan atau table, misalnya saja, dua minggu pertama proposal harus selesai, dua minggu berikutnya bab I dan seterusnya. lalu berkomitmenlah dengan rencana tersebut. berikan hadiah kecil bagi diri anda, setiap anda dapat melalui tahapan rencana tersebut dengan baik. buat juga konsekwensi bagi diri anda setiap anda tidak dapat melalui tahapan rencana tersebut sesuai dengan jadwal.

3. Jangan Menunda Mengerjakan Revisi
Banyak mahasiswa semester akhir yang mengeluh karena banyaknya revisi skripsi yang harus mereka kerjakan, karena banyaknya itu mereka jadi malas dan menunda revisian. Akhirnya mereka menunda-nunda untuk bimbingan. Mulai sekarang jika kamu mau cepat lulus, rajin-rajinlah mengerjakan revisian. Sebanyak apapun revisian harus dikerjakan.

4. Skripsi itu Dikerjakan bukan Dipikirkan Saja
Aartinya jangan pernah berhenti dalam mengerjakan skripsi, bila kita rencanakan skripsi selesai dalam 3 bulan, maka di 3 bulan tersebut jangan biarkan diri kita berhenti untuk fokus menuliskan skripsi tersebut. Jangan berikan celah bagi rasa malas atau apapun itu menyelinap ke dalam pikiran kita. Kembalilah ke fokus jalan yang sudah direncanakan bila ternyata anda tergoda untuk melakukan yang lainnya.

5. Jaga Pergaulan Dengan Teman
Diwaktu-waktu sibukmu bermanja-manjaan dengen skripsi, jangan sampai kalian lupakan waktu weeked kalian dengen sahabat-sahabat kalian, karena otak/ pikiran juga butuh piknik. Karena apabila kalian tidak keluar untuk merefresh otak/ pikiran, dampaknya kalian malah akan depresi serta bertambahnya rasa malas kalian untuk mengagapai target dan tujuan kalian


Cara Sukses Menghilangkan Rasa Malas Mengerjakan Tugas Akhir

6. Pikirkan Orang Tua & Masa Depan
Ingat, kamu itu sudah besar, sudah tua, balaslah kerja keras mereka yang telah membiayaimu kuliah, membelikanmu motor, dan memberi uang yang kamu gunakan untuk makan bareng pacar kamu itu. Selama kuliah mereka telah bekerja keras memenuhi kebutuhanmu, sekarang tinggal kamu yang bekerja keras untuk menyelesaikan skripsi.

Pikirkan juga masa depanmu, kamu tentunya pengen cepet kerja. Nah semakin kamu menunda-nunda mengerjakan berarti kamu semakin menunda-nunda juga untuk mendapat kerja. Secara langsung kamu juga sudah menyia-nyiakan masa depanmu.


Cara Sukses Menghilangkan Rasa Malas Mengerjakan Tugas Akhir

7. Ingatlah Teman-Temanmu yang Sudah Wisuda
Kamu punya teman yang sudah wisuda? Jika punya kenapa kamu tidak ingin seperti mereka? Kenapa kamu masih betah di kampus? Kenapa kamu masih betah menunda mengerjakan skripsi? Jika ada banyak yang bilang “Untuk apa lulus cepat toh nanti jadi pengangguran juga”. Iya memang lulus cepat kadang untuk beberapa waktu jadi pengangguran. Namun lihatlah kesempatan yang mereka punya tentu lebih besar. Banyak perusahaan yang mensyaratkan calon pekerjanya harus mempunyai ijazah S.1. Kalau seperti itu apakah kamu mau berlama-lama di kampus?

7. Jaga Kesehatan
Kalau udah asik dengen SKRIPSI biasanya sampai lupa makan, tidur larut hal itu hal wajar, karena kita punya target dan punya tujuan, kita pun perlu pengorbanan, tapi tetep jaga kesehatan, karena sehat itu nikmat yang luar biasa. Ketika kita begadang sampai larut malah, pastikan sediakan air mineral, jangan sampai tubuh ini kekurangan air. Untuk pola makan harus dijaga dan teratur juga, sesekali lah makan yang enak jangan makan yang bernutrisi.

8. Berdoalah Kepada Allah
Terkadang kita lupa untuk berdoa, padahal doa itu bukan hanya setelah kita berikhtiar akan tetapi sebelum kita berikhtiar, ketika kita berikhtiar dan setelah kita berikhtiar, di sepanjang ikhtiar kita, dari awal hingga akhir, kita perlu berdoa kepada Allah. Sehingga skripsi kita dalam pengerjaannya selalu dapat diberikan jalan kemudahan dan dapat segera diselesaikan.

Demikian tujuh tips dalam menyelesaikan skripsi dengan cepat. Jika anda melakukannya dengan sungguh-sungguh, insyaAllah skripsi anda dapat segera diselesaikan dengan baik. Mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "Cara Sukses Menghilangkan Rasa Malas Mengerjakan Tugas Akhir"

Post a Comment